polsek babelan

INFO

Wakapolrestro Bekasi, pimpin Upacara Peringatan hari Nusantara 2017.

Dok Humas Babelan

Babelankita - Bertempat dihalaman Polres Metro Bekasi. dilaksanakan kegiatan Upacara Hari Nusantara Tahun 2017 dengan mengusung Tema "Gotong Royong Dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia", Kegiatan Upacara tersebut di dipimpin Oleh Wakapolres Metro Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan, S.I.K., M.H., M.Si. Rabu (13/12).

Wakapolrestro Bekasi, sebagai pemimpin upacara, sekaligus membacakan sambutan tertulis Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Melalui Deklarasi Djoeanda ini pula, maka prinsip-prinsip wilayah laut Negara Kepulauan kemudian diterima, sehingga wilayah laut Indonesia bertambah luas menjadi kurang lebih 5,8 juta km2. Tanggal 13 Desember kemudian ditetapkan sebagai Hari Nusantara oleh Presiden RI kelima Ibu Megawati Soekarnoputri melalui Keppres No.126 tahun 2001," ucapnya.

Lanjutnya, Momen Hari Nusantara, selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Bahari yg hidup di Negara Kepulauan bercirikan Nusantara, juga dimaksudkan untuk mengubah Mindset terhadap ruang hidup dan ruang juang dari Matra Darat menjadi Matra Laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat.

"Hal ini tentunya dalam rangka mewujudkan Indonesia menjadi Negara Maritim yg mampu mengelola potensi sumberdaya alam laut bagi kesejahteraan masyarakat, sebagaimana visi pemerintah yg ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.


Masih dalam pidato Menteri, Tema peringatan Hari Nusantara 2017 ini adalah Gotong Royong Dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia" puncak acaranya dilaksanakan di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

"Peringatan Hari Nusantara ini tentunya tidak hanya sekedar seremonial, tetapi juga menjadi model kedaulatan Maritim kita, Ketahanan Nasional Kelautan dan Pembangunan Terintegrasi bagi Kepulauan Terluar atau Terpencil, yg merupakan wujud sinergitas program kementerian/lembaga dalam pembangunan kelautan," Berbagai macam kegiatan telah dilaksanakan, seperti: pembangun fisik seperti Revitalisasi Sungai Kryan, Bakti Sosial, Donor Darah, Pemberian bantuan dan kegiatan positif lainnya.

Terakhir dalam pidato Menteri yang di bacakan Wakapolres Metro Bekasi, Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kepada TNI Angkatan Laut, Pemerintah Kota Cirebon serta Kementerian/Lembaga yg mendukung penyelenggaraan Peringatan Hari Nusantara, yang memang digilir setiap tahunnya. Akhir kata, Saya ucapkan Dirgahayu Hari Nusantara 2017.(*).



Humas Polsek Babelan ( Anwar ).

Tidak ada komentar