banner atas

AKBP Ardi Rahananto Resmi Menjabat Kapolres Morowali



Babelankotakita // AKBP Ardi Rahananto,resmi menjabat Kapolres Morowali Sulawesi tengah, setelah serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin oleh Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso pada, Senin (9/8/2021).


Diri nya mengawali tugas di Provinsi Papua, sejak tahun 2004 sampai dengan 2009 , dengan menjabat Kepala SPK Polres Yapen Waropen, Kanit Idik Sat Reskrim, Kapolsek Bintuni dan Kapolsek Aranday Polres Bintuni, serta Kasat Reskrim Polres Buntuni, Polda Papua.


"Tahun 2010 saya pindah penempatan di Makassar, jadi Kasat Reskrim Polresta Gowa, dan 2011 jadi Wakapolresta Panakkukang," ucap AKBP Ardi Rahananto




Beliau adalah Pria kelahiran Kota Semarang 10 Mei 1982 , iya juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Kebayoran Lama Polres Metro Jaksel, Polda Metro Jaya pada Tahun 2016.

Di tahun itu juga, sebelumnya pernah menjadi Kasatreskrim Polresta Bekasi, Polda Metro Jaya." Papar Ardi

Setahun kemudian, ia menjabat Kanit II Subdit V Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Tahun 2017.

Masih kata Kapolres Morowali ,Sebelum itu juga , pernah menjadi Kapolsek di Bekasi dua kali, yaitu di Tahun 2014 dan 2015.

Sedangkan Tahun 2013, ia menjadi Kanit Idik IV Sat Reskrim Polres Metro Jaksel.

"Sebelumnya tahun 2012 saya menjadi Kanit Harda Sat Reskrim Polres Metro Jakbar," ujar mantan Kanit Subdit V Ditresnarkoba Polda Metro Jaya (IIIB2), Tahun 2018 .

Sedangkan di Tahun 2019, ia berpindah jabatan sebanyak tiga kali dalam setahun.

Diantaranya sebagai Pamen Ditresnarkoba Polda Metro Jaya (dalam rangka Dik Sespimmen Reg-59 T.A 2019), kemudian tujuh bulan berikutnya pada bulan November menjadi Pamen Polda Maluku.

"Di Tahun yang sama itu pada bulan Desember saya menjabat Kasubdit 3 Ditreskrimsus Polda Maluku (IIIA2), dan Tahun berikutnya menjadi Kabagops Polres Metro Bekasi Kota, Polda Metro Jaya (IIIA2)," katanya.


Juga beliau, mengemban jabatan Kasatreskrim Polres Metro Tangerang Kota Polda Metro Jaya pada April 2021 lalu , dan saat ini sebagai Kapolres Morowali.

Adapun mantan penyidik KPK itu, sebelum berpangkat AKBP di Tahun 2021, ia berpangkat Kompol Tahun 2015, AKP Tahun 2010, IPTU Tahun 2007, dan IPDA 2003

Dan Mantan Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya (IIIA2) awal tahun 2021 itu juga mengatakan,ia dibesarkan dari kedua orang tuanya dan dimana ayah nya sendiri adalah  seorang guru Sejarah dan olahraga di SMA Semarang.

"Saya dari dulu selalu diajarkan tentang bagaimana bisa bertoleransi dan menghargai perbedaan," kata Alumni SMA Taruna Nusantara, Mertoyudan, Magelang.

AKBP Ardi Rahananto diri nya merupakan jebolan pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) 2003 di Semarang selama 3,5 tahun.

(**)